Mengenal kerajinan tekstil

Definisi kata tekstil terjalin antara lungsin dan pakan, atau dapat dikatakan sebuah anyaman yang mengikat satu sama lain, tenun maupun rajutan.

Tekstil dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu kain yang digunakan untuk pakaian kebutuhan seperti , jok, seprai dan sarung bantal, taplak meja, kain dijahit menjadi tas dan produk kerajinan lainnya.

Kerajinan tekstil di Indonesia dapat dibagi menjadi dua yaitu kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional. Kerajinan tekstil modern yang digunakan untuk memenuhi praktis atau fungsional kebutuhan, sedangkan kerajinan tekstil tradisional umumnya memeiliki makna simbolis dan juga digunakan untuk upacara adat.

Kerajinan Tekstil Tradisional

Perkembangan desainer saat ini atau perancang mulai pulih karna kain tradisional Indonesia pada karya-karyanya para desainer mencoba untuk mengembangkan ide tekstil Indonesia agar menjadi lebih dikenal luas di masyarakat. Baik di Indonesia maupun dunia.

Kerajinan Tekstil Modern

Sebuah karya kerajinan tekstil, secara fungsinya dapat dibagi 5 yaitu sebagai berikut :

  • Untuk memenuhi kebutuhan  fasion sedang dan fashion tingakat tersulit
  1. Busana
  2. Aksesoris
  3. Sepatu
  4. Topi
  5. Tas

2)Untuk Pelengkap Interiornya

  1. Kain tirai
  2. Kain salut kursi
  3. Peralatan rumah tangga (cempal, alas makan dan minum, kap makanan, sarung bantal, sperai, tikar, tisu, dll)
  4. Aksesoris ruang (wadah tissue, taplak, hiasan dekorasi ruang, kap lampu, dll)
  • Sebagai Wadah dan Pelindung Benda
  1. Tas laptop
  2. Aneka tas
  3. Aneka wadah
  4. Aneka dompet
  5. Dan lai-lain

Produk kerajinan pada umumnya menggunakan bahan baku yang tersedia dan diproduksi dengan tangan dengan kemampuan alat-alat sederhana dan diproduksi dalam jumlah terbatas. Oleh karena itu kerajinan biasanya memiliki ciri khas daerah yang membuatnya, serta produk kerajinan tekstil. Keragamn bahan baku dan keterampilan lokal di Indonesia diproduksi keragaman produk kerajinan tekstil Indonesia.

Produk kerajinan tekstil merupakan salah satu sumber budaya bangsa Indonesia yang dapat menjaga dan melestarikan keberadaan budaya setempat dan di kembangkan sesuai dengan kebutuhan penggunannya. Untuk dapat mengembangkan tekstil tradisional Indonesia, kita harus mengenalnya lebih dalam.